Sekitar 42 Rumah di Kecamatan Banjarsari Ciamis Terancam Longsor

Sekitar 42 rumah di Desa Cigayam, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis terancam ambrol menyusul tingginya abrasi Sungai Ciputrahaji yang ada di wilayah tersebut. Saat ini sejumlah rumah jaraknya hanya tinggal beberapa meter dari bibir sungai yang membelah Desa Cigayam dengan Desa Sindangrasa.

"Beberapa tahun lalu jaraknya masih cukup jauh, sekarang paling hanya tiga - empat meter saja dari bibir sungai. Terus terang saat datang banjir, kami merasa khawatir, was-was rumah bakal ikut ambrol," ungkap Maman (37) warga Desa Cigayam, Jumat (3/2).

Dia mengungkapkan dalam kurun waktu lima tahun terkahiur ini sungai dengan lebar sekitar 42 meter tersebut sudah bertambah lebar sekitar dua - tiga meter. Akibatnya rumah yang sebelumnya cukup jauh dari bibir sungai, saat ini semakin berada di tepi jurang sungai sedalam lima meter dari permukaan air.

Diampingi, Rahman, ia menambahkan bahwa saat datang banjir rumah terasa bergetar. Selain itu juga secara perlahan tebing sungai juga terkikis, terutama pada bagian bawah yang ada dasar sungi. "Memang dari luar terlihat hanya tanah yang terkikis, padahal bagian bawah sudah mulai berongga, sehingga setiap saat bisa longsor atasnya," tuturnya.

Sementara Rahman mengungkapkan dalam kurun waktu tiga tahun ada lima rumah yang ambruk lantaran terkena abrasi. Dalam kejadian yang berlangsung saat Sungai Ciputrahaji banjir besar. "Bahkan ada satu masjid yang juga rusak," tuturnya.
 
sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/node/175513

0 Comment "Sekitar 42 Rumah di Kecamatan Banjarsari Ciamis Terancam Longsor"

Posting Komentar

Thank you for your comments