Besok Menkes Akan Umumkan Susu Berbakteri

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan,  pihaknya siap memublikasikan daftar susu formula yang sudah diteliti ulang. Daftar susu formula ini akan diumumkan kepada publik pada Jumat (8/7/2011) mendatang di Kementerian Komunikasi dan Informatika.
"Penelitian kita ini khusus pemeriksaannya hanya pada satu macam bakteri, bukan yang keseluruhannya. Bakterinya Sakazakii. Penelitian dilakukan sejak April," papar Endang di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (6/7/2011).
Menurut Endang, publikasi susu formula itu bukan berdasarkan hasil penelitian dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sempat menuai kontroversi, melainkan hasil penelitian dari Kementerian Kesehatan sendiri.
"Ini (hasil penelitian) yang diumumkan adalah yang kami periksa sekarang. Kami kan sudah janji akan mengecek semua yang beredar sekarang. Kalau yang punya IPB itu kan lain, itu penelitian, enggak tahu saya. Kita akan ceritakan, merek apa saja yang kita periksa, akan kasih tahu semua dan hasilnya bagaimana," paparnya.
Seperti diketahui, tuntutan untuk mengumumkan susu berbakteri muncul ketika para peneliti IPB menemukan adanya kontaminasi Enterobacter sakazakii sebesar 22,73 persen dari 22 sampel susu formula yang beredar tahun 2003 hingga 2006. Namun, IPB tidak bersedia menyebutkan merek susu yang dimaksud. Terkait hal itu, seorang pengacara David Tobing yang juga konsumen susu (untuk dua anaknya) menggugat IPB, Badan POM, dan Menteri Kesehatan dengan alasan melakukan perbuatan melawan hukum karena telah menyebabkan keresahan dan kekhawatiran masyarakat terkait penelitian tersebut. Ia menang di pengadilan. Namun, hingga saat ini hasil penelitian itu tak juga disampaikan.

sumber : kompas

0 Comment "Besok Menkes Akan Umumkan Susu Berbakteri"

Posting Komentar

Thank you for your comments