Profil UPTD Puskesmas Mandalika untuk tahun 2010

Puskesmas Mandalika Kec. Cikoneng Kabupaten Ciamis


Profil UPTD Puskesmas Mandalika untuk tahun 2010

KATA PENGANTAR



Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena kami telah dapat menyusun Profil UPTD Puskesmas Mandalika untuk tahun 2010.
Dalam pembuatan laporan tahunan ini kami telah berusaha dengan seluruh kemampuan yang kami miliki, walaupun begitu kami menyadari masih banyak kekurangan-kekurangan yang perlu kami analisa kembali untuk ditindaklanjuti dengan perbaikan
Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan Profil UPTD Puskesmas Mandalika untuk tahun 2010.
Demikian Profil UPTD Puskesmas Mandalika untuk tahun 2010, yang telah kami buat, mudah-mudahan dapat bermanfaat khususnya bagi Puskesmas Mandalika Ciamis dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarkat.



DAFTAR ISI


Halaman

KATA PENGANTAR     i
DATAR ISI                ii

BAB I PENDAHULUAN    1
A. Latar Belakang        1
B. Tujuan 2
C. Visi Puskesmas 2
D. Misi Puskesmas 2

BAB II ANALISA SITUASI PUSKESMAS 3
A. Keadaan Umum 3
B. Sumber Daya Kesehatan 5
C. Situasi Anggaran 16

BAB III TARGET DAN HASIL KEGIATAN TAHUN 2010 18
BAB IV PERMASALAHAN DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA FAKTOR
YANG MEMPENGARUHINYA 20
BAB V RENCANA KEGIATAN PUSKESMAS TAHUN 2011 23
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN 27
BAB VII PENUTUP 28
LAMPIRAN - LAMPIRAN




BAB I

P E N D A H U L U A N




A. Latar Belakang

Menurut Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 pasal 28 H ayat 1 kesehatan merupakan hak asasi manusia dan investasi untuk keberhasilan pembangunan bangsa. Untuk itu perlu diselenggarakan pembangunan kesehatan secara menyeluruh agar terwujud masyarakat yang sehat, mandiri dan berkeadilan. Dalam pasal 34 disebutkan bahwa Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasliitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak yang salah satunya diwujudkan dengan pembangunan Puskesmas dan peningkatan pelayanan Puskesmas.
Namun demikian masih terdapat berbagai masalah yang dihadapi oleh Puskesmas dalam upaya meningkatkan status kesehatan masyarakat di wilayah kerjannya, antara lain keterbatasan biaya operasional untuk pelayanan kesehatan, pemerataan SDM yang kurang memadai dan factor eksternal lainnya.
Prioritas masalah kesehatan di Puskesmas Mandalika adalah Masalah Persalinan yang ditangani oleh tenaga kesehatan belum mencapai target, Status Gizi kurang dan gizi buruk, cakupan Imunisasi.
Upaya-upaya yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas Mandalika selama ini, guna mengatasi masalah kesehatannya adalah melalui kegiatan sosialisasi - sosialisasi, Pembinaan dan pelatihan-pelatihan serta kerja sama yang terus menerus baik bagi tenaga kesehatan, sektor terkait maupun masyarakatnya, sehingga semua unsur masyarakat diwilayah kerja Puskesmas Mandalika mengetahui masalah kesehatan yang sedang dihadapi serta mampu secara mandiri untuk mengatasinya bersama.

selengkapnya bisa di download melalui link di bawah ini >>>>


0 Comment "Profil UPTD Puskesmas Mandalika untuk tahun 2010"

Posting Komentar

Thank you for your comments