Kulit Bisa Gambarkan Kesehatan Anda

Kulit Anda bisa menggambarkan kesehatan Anda. Joseph Jorizzo, MD, salah satu ahli ksehatan yang menulis buku tentang penyakit kulit menyatakan, banyak kondisi kesehatan yang mendasar pertama muncul sebagai masalah kulit. Berikut jenis gangguan kulit dan tanda tandanya.

Ruam kupu-kupuRuam kupu-kupu di wajah sering tanda pertama erythematosis lupus.Menurut dermatolog Paolo Romanelli, MD dari Universitas Miami, ruam itu bisa jadi karena kontak kulit. Namun kadang-kadang itu merupakan tanda dari penyakit lupus. Lupus adalah peyakit kebalikannya dari AIDS. Jika pada AIDS, hormon kekebalan tubuh berkurang, pada lupus justru berlebih. Sayang hormon itu justru menyerang organ-organ tubuh. Penderita ruam perlu tes lebih lanjut untuk menentukan apakah ruam itu itu benar-benar lupus.
 
Plak Merah Beludru
Plak merah beludru di sekitar leher atau ketiak menandakan diabetes. Kondisi bisa jadi hanya efek dari obesitas. Tapi sangat sering tanda diabetes, dan mungkin mengindikasikan kanker ganas.

Plak di KakiPlak ini berwarna merah di pinggiran dan emas di tengahnya. Dokter menyebutnya necrobiosis diabeticorum lipoidica. Seperti namanya, itu tanda khas diabetes. Kondisi kulit menunjukkan diabetes yang bisa mendasari rusak mata dan ginjal.

Gatal PergelanganRuam di pergelangan ini terdiri dari benjolan kemerahan-ungu. Rasanya mungkin gatal seperti orang gila. Biasanya muncul pada pergelangan tangan atau pergelangan kaki, tetapi mungkin di punggung bawah, leher, kaki, dan kemaluan. Penyebabnya tidak diketahui. Tetapi jika anda memilikinya, perlu mengetes hati anda. Ini bisa menjadi tanda hepatitis C.

Kulit JerukBiasanya diiringi dengan tanda-tanda kulit lainnya: merah atau cokelat jerawat-seperti gundukan menyebar di pipi dan hidung, dan bintik-bintik. Ini adalah tanda-tanda penyakit genetik langka yang disebut tuberous sclerosis yang menyebabkan tumor jinak tumbuh di otak dan organ vital lainnya.

Tapak Tangan MengerasKondisi ini telapak tangan menebal tebal dan teksturnya seperti beludru putih dengan lipatan dalam garis tangan. Singkatnya, tapak tangan mirip babat rebus.Ini merupakan tanda kanker. Jika hanya telapak tangan yang kena, kemungkinan besar kanker paru-paru. Jika disertai tanda lainnya, kemungkinan besar kanker lambung.

Kulit Kaki MengerasIni biasa disebut fibrosis sistemic nephrogenic. Pertama dijelaskan pada tahun 1997. Dimulai dengan perubahan warna cokelat dan berkembang lengan bawah dan kaki. Segera, tangan dan kaki menjadi coklat dan seperti kayu. Kadang-kadang ada juga kuning kecil di mata. Peneliti baru-baru ini menemukan bahwa kondisi ini pada beberapa pasien dengan gagal ginjal.

Ruam Bersisik di PantatSisik di pantat ini cukup langka. Biasanya terlihat pada pasien usia lanjut. Biasanya bermula di lipatan bokong atau telapak tangan tetapi bisa di tempat lain pada tubuh. Kondisi ini biasanya pertanda tumor pankreas.

source : www.tempointeraktif.com

0 Comment "Kulit Bisa Gambarkan Kesehatan Anda"

Posting Komentar

Thank you for your comments