Pemicu Sel Kanker Prostat Teridentifikasi

Sebuah sel yang diperkirakan merupakan induk dari penyakit tumor prostat telah teridentifikasi oleh para peneliti.

Sampel sel 'dasar' (basal) yang diambil dari jaringan prostat orang sehat ternyata dapat memicu kanker pada tikus dengan menekan sistem  imun. Penemuan ini menunjukkan sel tersebut merupakan biang keladi di  balik penyakit yang telah menyebabkan kematian sekitar 10 ribu pria di  Inggris itu.

Sebelumnya, diduga penyebab utama kanker prostat adalah sejenis tipe  sel yang telah matang, kerap disebut lumen, yang berada di akar kanker.  Para peneliti berharap penemuan yang telah dimuat dalan jurnal Science  ini dapat membuat perawatan, peralatan, serta diagnosis penyakit ini  menjadi lebih baik.
Sementara itu, tim peneliti asal AS juga telah memulai uji coba  dengan mengekstrasi sel lumen dengan sel dasar sampel jaringan prostat  seseorang yang sehat. Pertama, sel tersebut diubah dengan menyisipkan  gen perusak yang dapat memicu kanker. Sel itu lalu dimasukkan ke tikus  yang sistem kekebalan tubuhnya mengalami gangguan. Hasilnya, terlihat  ternyata sel dasar lebih berpengaruh dalam munculnya sel kanker  ketimbang sel lumen

Dr Owen Witte dari University of California at Los Angeles (UCLA)  mengutarakan, "Sebelumnya, diduga kanker prostat pada manusia berasal  dari sel kanker lumen karena bentuknya lebih menyerupai luminal." Namun,  lanjutnya, kini diketahui bahwa penyebab utamanya adalah sel basal. Ia  berharap penemuan ini dapat membuat para ahli medis lebih memahami dan  melihat urutan peristiwa genetik munculnya kanker prostat. Serta, dapat  mendefinisikan alurnya hingga memicu keganasan supaya pada ahli medis  dapat membuat terapi yang lebih tepat untuk menanganinya.

source : www.metrotvnews.com

0 Comment "Pemicu Sel Kanker Prostat Teridentifikasi"

Posting Komentar

Thank you for your comments