Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak Diperbanyak

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih mengatakan, pemerintah akan memperbanyak unit pelayanan kesehatan bergerak untuk meningkatkan kegiatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, perbatasan, dan pulau-pulau terluar.
"Kita akan tingkatkan pelayanan kesehatan bergerak, dengan menggunakan mobil, kapal maupun pesawat," katanya, saat berdialog dengan jajaran kesehatan pada Dinas Kesehatan Provinsi Maluku di Ambon, Minggu (1/8) malam.
Menurut Direktur Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Budihardja Singgih, pemerintah sudah menyediakan sarana pelayanan kesehatan bergerak untuk memberikan pelayanan di daerah terpencil, perbatasan dan pulau-pulau terluar. "Persentasenya saya tidak ingat dengan pasti. Tapi sebagian besar sudah ada, minimal puskesmas keliling," kata Budihardja.
Lebih lanjut Endang mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembicaraan tentang penyediaan pelayanan kesehatan bergerak bagi masyarakat daerah terpencil, perbatasan dan pulau-pulau terluar dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad.
Kementerian Kesehatan, kata Endang, juga berencana melakukan pembicaraan dengan Kementerian Perhubungan untuk mengatasi kendala transportasi dalam penyediaan pelayanan kesehatan bergerak bagi masyarakat daerah terpencil, perbatasan dan pulau-pulau terluar.
Saat ini, menurutnya, penyediaan unit pelayanan kesehatan bergerak diutamakan bagi daerah terpencil, perbatasan dan pulau-pulau terluar yang ada di kawasan Indonesia timur.
Endang menjelaskan, selain menambah sarana pelayanan kesehatan bergerak , maka pemerintah juga berencana memperbanyak jumlah puskesmas perawatan di wilayah yang hingga saat ini sebagian besar masih sulit dijangkau tersebut. "Puskesmas di sana akan ditingkatkan jadi puskesmas perawatan semua. Saat ini setiap daerah memang sudah memiliki puskesmas perawatan, ke depan jumlahnya akan diperbanyak," katanya.
Menurutnya, pemerintah juga mengupayakan pemenuhan kebutuhan tenaga kesehatan sesuai kebutuhan spesifik daerah.
Endang mengatakan, upaya itu dalam jangka pendek diwujudkan dengan menempatkan residen senior atau dokter yang telah sampai pada tahap akhir penyelesaian pendidikan spesialis di daerah-daerah yang membutuhkan.
Dalam hal ini, lanjutnya, pemerintah bekerja sama dengan fakultas kedokteran setempat. "Untuk upaya jangka panjang, pemerintah menyediakan beasiswa dan menyiapkan Undang-Undang Tentang Tenaga Kesehatan," katanya.

source : www.gatra.com

0 Comment "Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak Diperbanyak"

Posting Komentar

Thank you for your comments