Puasa disaat Darah Rendah

Momen puasa Ramadan membangkitkan gairah tersendiri bagi Dini, 41 tahun. Pegawai negeri sipil di Bandung itu mengaku rasa pusing dan lemas akibat tekanan darah rendah biasanya lenyap seiring dengan puasa yang dijalaninya. "Kalau puasa, saya malah lebih sehat," kata Dini beberapa waktu lalu.
Imam Effendi, dokter spesialis tekanan darah dan ginjal, mengungkapkan, sebenarnya memang tidak ada masalah untuk penderita tekanan darah rendah berpuasa. Keluhan yang biasanya muncul pada penderita tekanan darah rendah adalah pusing dan pandangan berkunang-kunang. "Tapi itu tidak masalah," katanya.
Imam juga tidak memberikan rekomendasi perlunya asupan khusus untuk penderita tekanan darah rendah saat sahur dan berbuka puasa. "Yang penting makanannya bergizi," kata dia. Saat berpuasa, ia menambahkan, penderita tekanan darah rendah juga harus tetap berolahraga untuk menjaga tekanan darahnya stabil.
Namun Imam berpesan bagi penderita darah rendah untuk tidak melakukan gerakan yang sifatnya tiba-tiba. "Tidak boleh mengubah posisi tubuh dengan buru-buru," kata Imam. Contohnya, penderita tidak boleh sekonyong-konyong berdiri setelah duduk atau berjalan terburu-buru setelah lama duduk.
Jika keluhan pusing dan pandangan berkunang-kunang muncul, dia menyerahkan pilihan apakah tetap berpuasa atau tidak pada masing-masing individu. Pasalnya, gejala ini memang tidak berbahaya. Lain halnya dengan penderita tekanan darah tinggi. "Penderita darah tinggi harus konsultasi dulu ke dokter untuk mengatur konsumsi obat yang disesuaikan menjadi sehari dua kali," ujarnya.
Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah normal di level systole 120-130. Jika tekanan darahnya mencapai angka di atas 130, hal itu masuk kategori tekanan darah tinggi. Sedangkan yang memiliki tekanan darah di bawah 100 sudah bisa dikategorikan memiliki tekanan darah rendah.

source :  www.tempointeraktif.com

1 Response to "Puasa disaat Darah Rendah"

  1. terimakasih infonya kak, yuk cek juga tips traveling terlengkasp setiap kota hanya disini http://wikiwisata.com

    BalasHapus

Thank you for your comments