Obesitas Sering Ditentukan Sebelum Usia Dua Tahun

Titik yang menentukan seseorang anak mengalami obesitas sepanjang hidupnya seringkali terjadi sebelum usia dua tahun, kata peneliti Amerika.

Sebuah studi terhadap lebih dari 100 anak-anak dan remaja obesitas menemukan lebih dari separuhnya mengalami kelebihan berat badan menjelang 24 bulan dan 90 persen mengalami kelebihan berat badan menjelang usia lima tahun.

Seperempat yang mengalami kelebihan berat badan sebelum mereka berumur lima bulan, kata para peneliti dalam laporan di Clinical Pediatrics.

Di Inggris, sekitar 27 persen dari anak-anak sekarang mengalami kelebihan berat badan.

Anak-anak dalam studi itu - yang memiliki usia rata-rata 12 tahun - semuanya mengalami  kelebihan berat badan atau obesitas pada usia 10.

Meskipun alasan berat badan yang cepat naik dalam kehidupan awal belum dipahami dengan baik, faktor kecenderungannya karena pola makan yang buruk, pengenalan makanan padat terlalu awal, dan tidak mendapatkan latihan fisik yang cukup, kata para peneliti.

Perilaku makan

Mereka menambahkan bahwa preferensi makanan mungkin diatur menjelang usia dua tahun, sehingga mengubah perilaku makan anak pada tahap berikutnya kemungkinan sulit.

Pemimpin studi Dr John Harrington, seorang asisten profesor di Eastern Virginia Medical School, mengatakan hasil itu harus menjadi peringatan bagi para dokter.

Dia melanjutkan: "Terlalu sering, dokter menunggu sampai timbul komplikasi medis sebelum mereka memulai perawatan."

"Meminta orangtua dan anak-anak untuk mengubah kebiasaan yang sudah berjalan adalah tantangan yang monumental penuh dengan sandungan dan kekecewaan."

"Studi ini menunjukkan bahwa kita mungkin perlu membicarakan kenaikan berat badan yang tidak pantas pada masa bayi awal untuk menghasilkan perubahan yang berarti dalam tren obesitas saat ini."

Seorang juru bicara Departemen Kesehatan mengatakan: "Apa yang terjadi dalam tahun-tahun pertama hidup bayi memiliki efek besar pada kesehatan mereka di masa selanjutnya."

"Meskipun statistik baru-baru ini menunjukkan bahwa obesitas anak-anak sudah konstan, tingkat obesitas masih terlalu tinggi dan penting bagi kita menjaga momentum yang berjalan."
sumber : http://www.tempointeraktif.com/hg/kesehatan/2010/02/15/brk,20100215-225839,id.html

0 Comment "Obesitas Sering Ditentukan Sebelum Usia Dua Tahun"

Posting Komentar

Thank you for your comments