Tiga Kebiasaan Bikin Anak Tetap Langsing

KEBIASAAN keluarga, seperti makan malam bersama, tidak hanya mengeratkan hubungan tetapi juga membantu anak melawan obesitas.

Peneliti mengungkap bahwa kebiasaan keluarga mempunyia efek yang signifikan terhadap berat badan anak usia prasekolah. Kebiasaan lain yang bisa membantu anak tetap langsing adalah tidur cukup dan membatasi waktu menonton TV.

"Anak usia empat tahun yang makan malam secara teratur dengan keluarga, tidur cukup dan menonton TV kurang dari dua jam sehari berisiko 40 persen lebih kecil menjadi obesitas," terang penulis studi Sarah Anderson dari College of Public Health di Ohio State University, Columbus.

Menurut Anderson, tidak ada terapi yang efektif untuk mengatasi masalah obesitas pada anak-anak. "Jadi, sangat penting untuk mencegah obesitas," terang Anderson , seperti dikutip situs healthday.com.

Dalam studi yang dipublikasikan di Pediatrics ini, peneliti melibatkan 8.550 anak usia empat tahun. Orangtua anak diminta memberikan keterangan mengenai rutinitas dan kebiasaan keluarga.

Delapan belas persen partisipan masuk dalam kategori obesitas. Hanya 14,5 persen anak yang selalu melakukan tiga kebiasaan yang diukur dalam studi: makan malam dengan keluarga lima kali atau lebih seminggu, tidur lebih dari 10,5 jam per malam, dan menonton TV, video atau DVD kurang dari dua jam sehari.

Perkembangan perilaku

Hasil studi menunjukkan, angka kejadian obesitas pada anak-anak yang rutin melakukan tiga kebiasaan tersebut sebesar 14,3 persen. Sedang pada anak-anak yang tidak melakukan kebiasaan tersebut, kejadian obesitas mencapai 24,5 persen.

Tiap-tiap kebiasaan tersebut, terang Anderson, berkaitan dengan pengurangan risiko obesitas sebanyak 17 persen.

Hasil temuan ini tetap sama setelah peneliti mengontrol faktor yang mempengaruhi risiko obesitas anak, termasuk obesitas dari ibu, jenis kelamin, status sosial ekonomi dan hidup dengan orangtua tunggal.

"Kebiasaan ini merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk memperbaiki kesehatan anak. Tidak hanya mencegah obesitas, studi lain juga sudah menunjukkan bahwa cara ini membantu perkembangan perilaku dan kognitif anak."
sumber : http://www.metrotvnews.com/index.php/metromain/news/2010/02/15/10834/-Tiga-Kebiasaan-Bikin-Anak-Tetap-Langsing-

0 Comment "Tiga Kebiasaan Bikin Anak Tetap Langsing"

Posting Komentar

Thank you for your comments