Tips Atasi Masalah Yang Timbul Pada Gigi Bungsu


Gigi bungsu atau gigi geraham ketiga biasanya muncul pada usia 18-20. Gigi bungsu termasuk dalam kategori struktur vestigial, yaitu struktur yang fungsi awalnya menjadi hilang atau berkurang sejalan dengan evolusi Banyak ahli berpendapat bahwa perubahan jenis makanan manusia modern dari mentah menjadi dimasak membuat makanan lebih lunak. Selain itu, pemeliharaan gigi modern mengalami kemajuan pesat. Akibatnya kerusakan pada gigi berkurang.
Kehadiran gigi bungsu yang diperkirakan dapat membantu bila ada geraham lain yang tanggal menjadi tidak berguna, malah pada kebanyakan orang menjadi masalah. Seperti gigi yang berdesakan dan gigi yang tumbuh tidak sempurna. Apalagi, pertumbuhan gigi ini menimbulkan efek nyeri yang luar biasa.

Karena gigi bungsu tumbuh paling akhir, terkadang rahang tidak memiliki tempat yang cukup untuk gigi bungsu tumbuh dengan wajar. Akibatnya gigi bungsu mendesak gigi geraham yang berada di depannya. Hal ini akan mengakibatkan sakit pada gigi. Masalah ini umumnya diatasi dengan mencabut gigi bungsu yang baru tumbuh. Bila gigi bungsu menempati posisi yang sulit untuk dicabut, yang dicabut adalah gigi geraham yang terdesak sehingga gigi bungsu mendapat tempat yang cukup untuk tumbuh.

Masalah lain yang mungkin timbul, terkadang gigi bungsu tidak muncul dengan sempurna pada gusi. Gusi yang menutupi gigi dapat menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan sakit pada gigi. penyembuhan dapat dilakukan dengan minum antibiotikdan menjaga kebersihan mulut. Berkumur dengan air garam setiap selesai makan dapat membantu membersihkan daerah infeksi.

sumber : DNA berita

0 Comment "Tips Atasi Masalah Yang Timbul Pada Gigi Bungsu"

Posting Komentar

Thank you for your comments