Lebih Panjang Umur Dengan Minum Pil KB??

Mengonsumsi pil keluarga berencana atau KB ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mengatur kelahiran anak saja. Hasil penelitian baru dokter di Inggris menunjukkan pil antihamil juga bisa membuat umur wanita lebih panjang. Demikian diliris jurnal kedokteran Inggris, BMJ, yang dikutip Associated Press, Jumat (12/3).

Dalam laporan penelitian disebutkan, wanita yang mengonsumsi pil KB pada akhir 1960-an bisa hidup lebih lama dibandingkan yang tidak pernah minum. Kesimpulan tersebut berdasarkan perbandingan sejumlah kasus kematian lebih dari 46 ribu wanita selama hampir 40 tahun sejak 1968.


Hasil penelitian juga menyebutkan, minum pil KB selama hampir empat tahun bisa mengurangi resiko kematian pada perempuan akibat kanker usus sebesar 38 persen serta penyakit lainnya sekitar 12 persen. Selain itu, peneliti juga menemukan angka kematian wanita pengonsumsi pil berumur 30 tahun sedikit lebih tinggi dibanding wanita serupa berusia 50 tahun.

Sayang, dokter belum bisa memastikan penyebab pil KB dapat menurunkan angka kematian. Sejauh ini, dokter menduga pil KB mengandung hormon sintetis guna menekan pembuahan atau ovulasi sehingga bisa mencegah jenis penyakit tertentu pada tubuh.

source: liputan6.com

0 Comment "Lebih Panjang Umur Dengan Minum Pil KB??"

Posting Komentar

Thank you for your comments