Tips Mengatasi Trauma Anak Periksa Ke Dokter Gigi

Mengajarkan buah hati untuk menjaga kebersihan giginya harus dimulai sejak dini. Hal itu karena jika ia mengalami masalah pada giginya, pertumbuhannya bisa terhambat. Struktur gigi dewasanya kelak, juga bisa kurang baik. 

Untuk itu, jangan abaikan kesehatan gigi buah hati. Berikut tips menjaga gigi buah hati dari American Dental Association.



- Kunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan rutin. Sebaiknya periksakan sebelum gigi pertamanya tumbuh atau selambat-lambatnya pada ulang tahun pertamanya. - Periksakan gigi buah hati ke dokter gigi secara teratur, jangan hanya saat merasa sakit. Jika Anda hanya mengajaknya saat sakit gigi, ia bisa trauma ke dokter gigi hingga dewasa.

- Saat masih bayi bersihkan gusinya dengan kain lembut atau kain kassa setelah menyusui.

- Jangan biarkan buah hati menyusu terlalu lama karena tidak baik untuk pertumbuhan giginya. Hindari membiarkan botol atau dot menempel pada mulutnya selama tidur.
   
- Latih buah hati untuk mulai minum dari gelas saat usia satu tahun.

- Ajari sikat gigi secara teratur bukan hanya sebelum tidur, tetapi juga setelah makan. Bentuklah kebiasaan ini, karena sangat berpengaruh pada kebiasaannya saat dewasa kelak.

- Saat gigi susu pertamanya sudah mulai goyang, jangan langsung mencabutnya dengan tangan. Periksakan ke dokter jika gigi yang goyang terasa sakit.

source : vivanews.com

1 Response to "Tips Mengatasi Trauma Anak Periksa Ke Dokter Gigi"

Thank you for your comments