Manusia Akar Jalani Operasi Ke-9

Dede Koswara (38), warga Kp. Bunder RT 01/RW 06 Desa Tanjungjaya, Kec. Cihampelas, Kab. Bandung Barat (KBB), yang dijuluki "manusia akar", menjalani operasi ke-9 di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jumat (12/3). Dalam operasi tersebut, sebanyak 2,4 kg kutil berhasil diangkat pada bagian tangan kiri dan kanan. Dede sendiri sejak minggu lalu dirawat secara intensif.

"Operasi ke-9 ini berjalan lancar dan berlangsung selama tiga jam, mulai pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB. Biasanya kita melakukan operasi dalam dua tahap, tapi untuk kali ini hanya satu tahap dan berhasil mengangkat 2,4 kg kutil pada bagian yang mengganggu aktivitas. Kutil yang diangkat, 1,4 kg pada tangan kanan dan 700 ons pada tangan kiri," jelas ketua tim penanganan operasi Dede, Dr. Hardi Siswo, kepada wartawan, usai operasi di RSHS, kemarin.

Dikatakan, tidak ada kendala saat operasi dilakukan. Mengingat operasi tersebut merupakan operasi yang ke-9, otomatis tim penanganan telah belajar dari pengalaman sebelumnya. Secara medis anatomi serta proses operasi bisa dilakukan dalam waktu relatif singkat. Begitu juga untuk masa penyembuhan. 



"Beruntung, kendala yang dulu dihadapi saat ini lebih mudah diatasi. Terlebih kondisi kesehatan Dede juga bagus, jadi membantu mempercepat operasi," tuturnya.

Kendati demikian, ditegaskan Hadi, operasi sebetulnya bukan solusi untuk menyembuhkan. Pasalnya operasi yang dilakukan berulang-ulang tidak akan menghilangkan kutil. "Pertumbuhan kutil Dede sangat cepat, terlebih dalam jangka waktu setahun. Faktanya, di beberapa bagian tubuh yang sudah dioperasi tumbuh kembali kutil. Operasi dilakukan hanya untuk membantu menghilangkan kutil sementara saja," ujarnya.

Untuk itu, akan lebih baik jika penyakit Dede ini dijadikan penelitian yang diharapkan akan menghasilkan satu metode agar pertumbuhan kutilnya lambat.

"Operasi sebetulnya bukan solusi untuk menyembuhkan kutil Dede, karena meskipun berkali-kali dioperasi kutilnya akan tetap tumbuh. Mudah-mudahan ke depan ada penelitian yang bisa menghasilkan solusi untuk memperlambat pertumbuhan kutil Dede," kata Hardi seraya menambahkan, dalam satu minggu Dede bisa pulih dan menjalani rawat jalan.

source : klik-galamedia.com

1 Response to "Manusia Akar Jalani Operasi Ke-9"

Thank you for your comments