Chikungunya Terjang Wilayah Ciamis

Seluruh wilayah Tatar Galuh Ciamis sudah tertular penyakit Chikungunya. Hingga pertengan bulan Maret 2010, tercatat sedikitnya 1.130 warga yang terkena serangan cikungunya yang penularannya melalui gigitan nyamuk aedes aegypty.
"Seluruh wilayah Ciamis sudah tertular cikungunya. Sampai dengan Maret ini sudah sampai 1000 lebih yang kena Cikungunya," tutur Kepala Bidang Pengendalian Penyaliut dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Pupung Oprianti didampingi Kasi Pengendalian, Pemberantasan Penyakit dan Penanganan Bencana (P4B), Osep Hernandi, Jumat (19/3) di ruang kerjanya.

Dia mengungkapkan tahun 2009 jumnlah penderita cikungunya di Ciamis mencapai 3.000 orang. Sebagian besar penderita adalah warga yang berada di wilayah Ciamis selatan, seperti Kecamatan Cimerak, Pangandaran dan sekitarnya.

"Apabila sebelumnya serangan lebih banyak di wilayah selatan, sekarang sudah merata di semua kecamatan," ungkapnya.

Disebutkan berbagai upaya untuk mengantisipasi yang dilakukan dengan cara pengasapan atau fogging. Hanya saja diakui bahwa kegiatan tersebut hanya efektif membunuh nyamuk dewasa. Sementara jentik nyamuk yang masih didalam air tidak mati.

Langkah efektif mengatasi hal itu adalah menjaga kesehatan lingkungan dan pola makan, sehingga kondisi tubuh tetap sehat. Termasuk dengan melakukan gerakan masalah PSN (pemberantasan sarang nyamuk). Jentik nyamuk aedes egypty tersebut berkembang biak di dalam air yang bersih atau tidak langsung berhubungan dengan tanah.

"Sebenarnya penyakit tersebut tidak terlampau berbahaya, dan tidak menyebabkan kematian. Penderita hanya mengalami rasa kesakitan pada seluruh persendiannya. Jadi berbeda dengan DBD yang bisa membuat penderitanya meninggal," jelasnya.

Sementara itu Abdul Haris (29) warga Karangkamulyan, Kec. Cijeungjing sejak seminggu ini terserang cikungunya. Dia mengaku seluruh persendiannya sangat sakit apabila digerakkan. "Mau bergerak sedikit saja badan rasanya sakit. Selain itu badan juga terasa meriang," tuturnya.

source : pikiran-rakyat.com

0 Comment "Chikungunya Terjang Wilayah Ciamis"

Posting Komentar

Thank you for your comments