6 Mineral Penting Bagi Tubuh


6 Mineral PentingTubuh kita memerlukan banyak cairan yang bisa didapat melalui zat mineral. Berikut, adalah enam jenis mineral yang memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh kita dengan sumber makanan darimana Anda bisa mendapatkannya:
1. Kalsium.
Kalsium dibutuhkan untuk membangun dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Anda bisa mendapatkannya melalui susu, keju, brokoli, kacang polong, dan sayuran berdaun hijau.
2. Selenium.
Mineral ini berfungsi untuk membantu melindungi sel melawan kerusakan oksidatif dan karenanya membantu mencegah penuaan. Selenium dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan rambut. Anda bisa mendapatkannya melalui biji-bijian dan ikan.
3. Kromium.
Kromium sangat dibutuhkan untuk mengontrol gula darah. Selain itu, mineral ini juga membantu melawan aterosklerosis atau degenerasi pembuluh arteri. Anda bisa mendapatkan kromium dengan mengkonsumsi merica hitam, roti gandung, hati sapi, atau keju.
4. Magnesium.
Magnesium sangat diperlukan untuk proses metabolisme tubuh kita, khususnya penyerapan zat gizi. Suplemen magnesium bersama vitamin B6 dapat membantu mengatasi sindrom pra-menstruasi. Konsumsilah kacang-kacangan, udang, kacang kedelai, gandum, atau sayuran berdaun hijau demi mendapatkan magnesium.
5. Besi.
Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen dalam darah, karena itulah zat besi merupakan komponen vital bagi banyak sistem enzim tubuh. Anda bisa mendapatkan zat besi melalui hati, ginjal, kuning telur, cokelat, kerang, dan peterseli.
6. Zinc.
Zinc sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan, kesuburan, dan sistem kekebalan tubuh. Terutama di masa kehamilan, zinc sangatlah dibutuhkan. Anda bisa mendapatkan zinc dengan mengkonsumsi jahe, daging merah, hati sapi, kuning telur, kacang, susu rendah lemak.

Sumber: kompas.com

0 Comment "6 Mineral Penting Bagi Tubuh"

Posting Komentar

Thank you for your comments