Angka Cerai Di Ciamis Tinggi

Angka perceraian di Pengadilan Agama (PA) Ciamis menempati nomor urut kedua di Indonesia, setelah PA Sumber Kabupaten Cirebon. Hingga Maret 2010 tercatat angka gugat cerai mencapai 1.140 kasus atau rata-rata per bulan sekitar 300 - 350 kasus perceraian.
"Sebagian besar perceraian karena alasan atau motif ekonomi. Sedangkan yang mengajukan gugat cerai sebagian besar dari pihak suami kepada istrinya. Ya, apabila melihat data, PA Ciamis nomor 2 nasional dengan 3000 -350 kasus per bulan," tutur Hakim PA Ciamis Anang Permana, Jumat (26/3).
Disebutkan, dari seluruh kasus yang masuk hanya sekitar 10 persen rujuk, sedangkan 90 persen berpisah. Pasangan yang mengajukan gugat cerai berkisar antara 20 - 72 tahun.
Dikatakan, angka perceraian di PA Kabupaten Ciamis, lebih rendah apabila dibandingkan dengan PA Sumber Kabupaten Cirebon yang rata-rata per bulannya mencapai 350 -400 kasus. Urutan berikutnya adalah Kabupaten Bandung, Cimahi, dan Indramayu.
Anang mengatakan meningkatnya angka peceraian di Ciamis, terjadi dalam kurun waktu sekitar tiga tahun terakhir. Sebelumnya peringkat Ciamis hanya menepati urutan sekitar 10 besar di Jawa Barat, hanya saja belakangan ini peringkatnya melonjak di tingkat nasional. Posisi Ciamis, menggeser Kabupaten Indramayu yang sebelumnya berada di posisi kedua.
"Selain masalah ekonomi, pengajuan gugat cerai tersebut juga dengan alasan perselingkuhan, atau ditinggal suami. Sesuai dengan mekanisme, pertama yang ditempuh adalah perdamaian. Hanya saja masing-masing bertahan dengan egonya, sehingga tetap bersikeras minta cerai," tuturnya seraya menambahkan pada tahun 2009 tercatat 2.750 kasus perceraian.
Dia memperkirakan angka percerian lebih banyak dibandingkan dengan data tersebut. Alasannya karena disinyalir ada akta cerai aspal. "Dengan adanya akta palsu tersebut, tentunya jumlah angka yang cerai lebih banyak dibandingkan dengan yang ada dalam data PA," tutur Anang.
Anggota DPRD Ciamis Wagino Toyib bersama dengan dua wakil rakyat lainnya Ohan dan Oyat Surayat juga mengaku kaget begitu menmengetahui tingginya angka perceraian di Tatar Galuh Ciamis. Tingginya angka perceraian tersebut didapat ketika melakukan kunjungan ke PA Ciamis pada hari Kamis (25/3).

source : pikiran-rakyat.com

1 Response to "Angka Cerai Di Ciamis Tinggi"

  1. wah gampang bgt tuh org2 cerai, inget Alloh paling benci dgn perceraian

    BalasHapus

Thank you for your comments